Kamis, 19 Maret 2009

Pilih Emas yang Bersertifikat atau Non Sertifikat?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pemula dalam investasi emas. Baik yang bersertifikat ataupun yang tidak bersertifikat sama-sama memiliki keuntungan dan kerugian.
Emas bersertifikat (contohnya Logam Mulia keluaran PT. Antam) dapat dijual hampir di seluruh toko emas. Hal ini disebabkan karena adanya sertifikat yang menyertai produk emas yang anda beli. Berbeda halnya dengan emas potongan yang non-sertifikat, kemungkinan penipuan lebih besar ditanggung oleh si pembeli.


Meski demikian jika anda membeli emas bersertifikat anda akan dibebani ongkos "pembuatan sertifikat" yang membuat anda harus membayar uang ekstra, meskipun jika dijual beberapa toko emas memberi harga "lebih" kepada emas bersertifikat anda. Keuntungan yang lain adalah emas bersertifikat memiliki rupa yang lebih cantik daripada yang potongan (karena lebih mementingkan ketepatan bobot ketimbang estetika bentuk). Akhirnya, anda sendirilah yang menentukan mana yang lebih menguntungkan. Yang bersertifikat atau yang non-sertifikat. Selamat berburu emas!

Tidak ada komentar: